Minggu, 16 Juni 2013

Pertemuan 7/8 Kepemimpinan : 3. Faktor Yang Mempengaruhi Kepemimpinan


Kepemimpinan seseorang dilandasi oleh faktor-faktor seperti berikut :

 Faktor Individu
Dalam faktor ini seorang pemimpin harus dibekali dengan ilmu pengetahuan yang cukup, ketrampilan, sifat pribadi pemimpin itu sendiri serta nilai-nilai yang diyakininya. Seorang pemimpin harus memiliki pengetahuan yang cukup banyak mengenai banyak hal disekitarnya bukan hanya sekedar tentang bidang yang sedang dipimpinnya, karena tanggung jawab seorang pemimpinpun meliputi banyak aspek. Pemimpin yang memiliki ketrampilan sudah pasti akan cekatan dalam mengambil sebuah keputusan yang terkait dengan apa yang sedang dipimpinnya. Sifat pribadi dan nilai-nilai yang diyakini oleh seorang pemimpin akan mencerminkan kebijaksanaan pemimpin tersebut dalam hubungannya dengan bawahan atau orang-orang disekitarnya.

 Faktor Internal
Yang dimaksud dengan faktor internal adalah terkait dengan karakter pemimpin tersebut yang juga bisa dijadikan ciri oleh orang lain. Seorang pemimpin yang kompeten dapat dilihat dari pengetahuannya tentang banyak hal. Faktor ini tidak jauh berbeda dengan faktor individu.

Faktor Eksternal
Aspek yang terdapat di dalam faktor ini adalah bawahan dan situasi. Sifat kepemimpinan seseorang dipengaruhi pula oleh tingkat pendidikan bawahannya, status sosial, ideologi yang dianut, agama, pekerjaan dan lain-lain. Situasi yang mempengaruhi sifat kepemimpinan seseorang meliputi waktu, tempat, sifat organisasi yang ia pimpin dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar