Implikasi Manajerial
Implikasi
menurut kamus besar Bahasa Indonesia berarti sebab oleh sebab itu implikasi
manajerial di bidang team atau kelompok mengakibatkan banyaknya keuntungan
yaitu kegiatan kelompok yang dapat lebih direncakan karena ada proses
management team.
Pengambilan Keputusan
Dalam pengambilan keputusan dibidang
manajerial, seorang pemimpin harus memperhatikan segala aspek yang
melatarbelakangi sebuah permasalahan yang harus diberikan jalan keluar.
Ketrampilan seorang pemimpin dalam hal ini harus selalu diasah karena permasalahan
yang muncul akan semakin kompleks dan semakin membutuhkan pertimbangan yang
matang. Dibutuhkan kebijaksanaan dalam mengambil keputusan-keputusan penting,
tetapi resiko dari keputusan yang telah diambilpun harus bisa diterima oleh
semua kalangan. Oleh karena itu penting untuk seorang pemimpin memperhatikan
detail dari semua aspek yang ada, sebisa mungkin sebuah keputusan harus diambil
untuk kebaikan dan keadilan semuanya.
Dalam Hal Pembentukan Kelompok
Implikasi manajerial dalam hal
pembentukan kelompok sangat terlihat pada pembentukan team work pada suatu
perusahaan. Perusahaan dapat mengefektifkan dan mengefisiensikan proses
operasional usaha mereka melalui team work. Pemimpin perusahaan juga dapat
lebih mudah dalam mengontrol tenaga kerja mereka sehingga dapat memberikan
apresiasi sesuai dengan hasil pencapaian baik secara umum melalui team work
maupun secara khusus melalui anggota-anggotanya.
Teori Managerial Grid
Teori dikemukakan oleh Robert K.
Blake dan Jane S. Mouton yang membedakan dua dimensi dalam kepemimpinan, yaitu
“concern for people” dan “concern for production”. Pada dasarnya
teorimanagerial grid ini mengenal lima gaya kepemimpinan yang didasarkan atas
dua aspek tersebut, yaitu :
Improvised yang berarti pemimpin menggunakan usaha yang paling sedikit
untuk menyelesaikan tugas tertentu dan hal ini dianggap cukup untuk
mempertahankan organisasi.
Country Club artinya kepemimpinann didasarkan kepada hubungan
informal antara individu artinya perhatian akan kebutuhan individu dengan
persahabatan dan menimbulkan suasana organisasi dan tempo kerja yang nyaman dan
ramah.
Team yaitu kepemimpinan yang didasarkan bahwa keberhasilan
suatu organisasi tergantung kepada hasil kerja sejumlah individu yang penuh
dengan pengabdian dan komitmen. Tekanan untama terletak pada kepemimpinan
kelompok yang satu sama lain saling memerlukan. Dasar dari kepemimpinan
kelompok ini adalah kepercayaan dan penghargaan.
Task artinya pemimpin memandang efisiensi kerja sebagai factor
utama keberhasilan organisasi. Penampilan terletak pada penampilan individu
dalam organisasi.
Midle Road artinya kepemimpinan yang menekankan pada tingkat
keseimbangan antara tugas dan hubungan manusiawi , dengan kata lain kinerja
organisasi yang mencukupi dimungkinkan melalui penyeimbangan kebutuhan untuk
bekerja dengan memelihara moral individu pada tingkat yang memuaskan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar