Minggu, 16 Juni 2013

Pertemuan 11/12 Perubahan dan Pengembangan Organisasi : 2. Langkah - Langkah Perubahan Organisasi


Sebelum melakukan perubahan pada organisasi perlu diperhatikan faktor-faktor yang menyangkut internal dan eksternal dari organisasi tersebut, misalnya kondisi ketenagakerjaan, teknologi, kecendrungan sosial, ekonomi, kondisi politik, dan tingkat kompetisi yang terjadi pada organisasi. Dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan perubahan pada organisasi adalah :

Identifikasi
Sebelum melakukan perubahan hendaknya pengurus sebuah organisasi mengidentifikasi bagian-bagian mana dari organisasi yang memang harus dirubah, bagian mana yang harus tetap dipertahankan dan mana yang harus ditingkatkan lagi. Hal ini diperlukan agar organisasi dapat berubah menjadi lebih baik dan berkembang baik secara internal maupun eksternal.

Perencanaan
Rencana perubahan sebuah organisasi harus dipertimbangkan benar-benar agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik.

Implementasi
Jika telah membuat perencanaan yang matang mengenai perubahan yang akan dilakukan langkah selanjutnya adalah mengimplementasikan rencana tersebut ke kehidupan nyata keorganisasian diikuti dengan pengawasan ketika proses perubahan sedang berlangsung agar semua tetap terkendali.

Evaluasi
Evaluasi setelah melakukan perubahan perlu dilakukan agar kita dapat menilai sejauh mana manfaat dari perubahan yang telah kita buat. Jika hasil evaluasi dalam jangka waktu pendek dapat menghasilkan manfaat yang besar bagi perusahaan maka perubahan tersebut dapat berlaku dalam jangka waktu yang lama.

Sebuah perubahan tidak semuanya dapat diterima terlebih jika kita mengubah sesuatu dan menyangkut kepentingan orang banyak seperti itu jugalah perubahan dalam organisasi. Penolakan atas perubahan dalam organisasi ada yang diwujudkan secara nyata misalnya melalui demonstrasi dan ada pula yang tidak nyata misalnya dengan berkurangnya loyalitas seorang anggota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar