Minggu, 16 Juni 2013

Pertemuan 3/4 Bekerja Sama Dalam Team (kelompok) : 2. Tahapan Pembuatan Kelompok


Untuk membuat sebuah kelompok diperlukan tahap-tahap yang dapat membuat kelompok tersebut terbentuk secara efektif, berikut adalah tahap-tahap pembentukan kelompok :

  • Penyamaan Pandangan

Sebelum membentuk sebuah kelompok diperlukan sebuah usaha untuk menyamakan pandangan agar ketika kelompok mulai berjalan tidak ditemukan adanya perpecahan dalam hal perbedaan pandangan.
  • ·           Tujuan

Sebuah kelompok memerlukan tujuan dalam pembentukannya agar kelompok tersebut tidak terbentuk dengan sia-sia. Penetapan tujuan ini juga akan diikuti dengan terbentuknya struktur dalam kelompok dan secara otomatis motivasi dari para anggota akan muncul karena harus mencapai tujuan kelompok.
  • ·          Pengorganisasian

Dalam tahap ini anggota yang termasuk dalam anggota struktural akan membagi tanggung jawab kepada anggota-anggota lain sehingga kelompok dapat terorganisir secara efektif dan efisien.
  • ·          Kebebasan

Kebebasan dalam hal ini menyangkut kebebasan antar anggota kelompok untuk menyampaikan pendapatnya, mendengar dan didengarkan apalagi jika apa yang ingin disampaikan terkait dengan kepentingan kemajuan kelompok. Akan tetapi bebas dalam hal mengeluarkan pendapat harus disertai dengan kesadaran untuk menghargai sesama anggota kelompok dan harus sesuai aturan yang berlaku.
  • ·                Interaksi

Pada tahap ini setiap anggota kelompok diharap dapat berinteraksi atau berkomunikasi satu sama lain dengan tujuan yang baik agar antar anggota dapat terpenuhi kebutuhan informasinya serta terjadi kegiatan berkelompok yang kondusif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar