Minggu, 16 Juni 2013

Pertemuan 7/8 Kepemimpinan : 1. Teori dan Arti Penting Kepemimpinan


Pimpinan atau pemimpin adalah seseorang yang dapat mengatur, menjaga dan mengarahkan serta bertanggung jawab terhadap kepentingan orang banyak. Karena tugas seorang pemimpin yang sangat besar untuk memilih seorang pemimpin kita harus memperhatikan segala aspek yang ada. Sifat pemimpin yang dimiliki oleh seseorang biasa disebut sifat kepemimpinan. Seorang pemimpinpun memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda, gaya kepemimpinan meliputi tingkah laku dan kemampuan seorang pemimpin dalam memimpin. Oleh karena itu gaya kepemimpinan seseorang didasarkan pada sifat pemimpin itu sendiri, bawahannya dan proses yang mengikuti terwujudnya proses kepemimpinan tersebut (Hersey dan Blanchard (1992)). Teori yang menjelaskan mengenai gaya kepemimpinan seseorang dibagi dalam 3 hal, sebagai berikut :

Teori Genetis (Keturunan)
Teori ini mengedepankan pandangan bahwa seorang pemimpin memiliki jiwa kepemimpinanya sejak lahir. Penganut teori ini percaya bahwa sifat kepemimpinan seseorang tercipta dari bakat alaminya bukan dibuat-buat oleh sesuatu.

Teori Sosial
Teori ini merupakan lawan dari teori genetis dimana paham dari teori ini adalah jiwa kepemimpinan seseorang dapat diciptakan dengan sengaja jika diberi bekal ilmu pengetahuan mengenai kepemimpinan dan memiliki pengalaman yang cukup dalam memimpin.

Teori Ekologis
Merupakan teori yang didalamnya terdapat gabungan aspek dari teori genetis dan teori sosial. Dalam teori ini seseorang dapat memiliki jiwa kepemimpinan jika ia memiliki bakat untuk memimpin serta didukung dengan penambahan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang cukup dalam memimpin sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar