Jumat, 27 Juli 2012

Variable dan Type Data

Variable adalah suatu perubah yang nilainya dinamis atau bisa berbubah kapanpun. ini kalau dilihat dari makna secara matematis. akan tetapi sangat disayangkan bahwa banyak orang tidak mengerti dengan pengertian tersebut.
saya akan menggunakan bahasa saya sendiri untuk mendefinisikan variable itu apa dan berharap agar anda bisa dengan mudah memahami maksud variable.
variabel menurut saya adalah suatu wadah atau tempat. dimana kita bisa menempatkan barang didalamnya. kalau bisa diibaratkan, variabel seperti sebuah poci atau gelas yang bisa menampung air teh atau kopi didalamnya untuk kemudian dikeluarkan lagi.
kemudian tipe data. tipe data menurut pengertiannya adalah tipe dari data itu sendiri. ibaratnya motor. ada motor dengan produk yang sama tapi pada tipe beda. sebut saja yamaha. ada yamaha jupiter tipenya bebek injection. ada yamaha vixion dengan tipe motor laki. kemudian ada yamaha mio dengan tipe matic.
nah sama seperti data, data juga ada tipenya. misalnya kita mau memberi tipe pada data variable. sebutlah variabel X. dimana X disini bertipe integer, maka variabel X hanya boleh mengakses data bilangan bulat. kenapa ? karena dia tipenya integer. kalau tipenya string maka dia boleh mengakses semua karakter yang terkumpul dalam string. atau float yang hanya boleh mengakses bilangan desimal saja.
nah agar lebih jelas mengenai tipe data ini, akan saya perinci tipe data yang digunakan dalam bahasa C++, yaitu :

1. integer = untuk bilangan bulat.
2. float = untuk bilangan desimal.
3. char = untuk karakter atau (perkarakter saja. dan bukan merupakan string atau kumpulan karakter).
4. string = untuk kumpulan karakter. contohnya @chabie d'coder.
5. boolean = untuk benar atau salah. true atau false.

nah, pertanyaannya adalah apakah yang dikenakan tipe atau yang harus menggunakan tipe hanya variabel saja ? tentu tidak. fungsi pun juga akan menggukan tipe jika diperlukan.
setelah tipe data standart seperti diatas, ada juga tipe data bentukan sendiri yang mana kita boleh untuk membuat tipe data sendiri dalam peulisan bahasa C++. bagaimana bisa ?? hal ini akan dijelaskan pada bab struct nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar