Jumat, 27 Juli 2012

Mengenal OOP (Object Oriented Programing) dengan JAVA

Salam semangat sudaraku.. alhamdulillah hari ini saya akan memberi kesempatan dan motivasi untuk anda lagi tentang OOP dengan menggunakan java. oke, tanpa banyak basa basi langsung Cek It Dot..!!
OOP merupakan sesuatu yang semuanya berhubungan dengan Object dan class. dimana pemrograman OOP ini akan menjadi salah satu jalan bagi programer untuk mejadi lebih berkembang. karena konsep dari OOP sendiri sangat berbeda dengan pemrograman terstruktur. akan tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa untuk mempelajari OOP dibutuhkan pemahaman terlebih dahulu dari pemrograman terstruktur.
kelebihan OOP dibandingkan dengan pemrograman terstruktur adalah pada pengembangan program (cocok banget dengan konsep OpenSource). dimana ketika ada kesalahan atau sesuatu yang perlu ditambahkan atau dikurangi, tidak harus merubah keseluruhan isi program. ya hanya pada bagian mana yang perlu ditambah. seperti mungkin akan mebambahkan menu save pada program, dan menghapus menu edit. yang perlu dilakukan hanya membuat fungsi menu save dan memanggil pada program inti/utama (main program), dan menghapus fungsi edit. selesai..
boleh saja diibaratkan, pemrograman OOP seperti sebuah radio dan benda/makhluk lain. dimana radio mempunyai bagian fisik dan sifat. 2 hal ini yang perlu ada pada pemrograman OOP. secara fisik radio mempunyai tombol on-off, tunelling (tombol pengubah chanel), tombol volume, antena, dll. nah fisik2 tersebut mempunyai sifat2 dimana tombol on-off digunakan untuk menyalakan dan mematikan radio, tombol chanel digunakan untuk mengganti saluran radio, tombol volume digunakan untuk mengecilkan dan mengeraskan suara, dan antena digunakan untuk penguat dan penangkap sinyal. begitu juga dengan fisik2 yang lain yang ada pada radio. nah, fisik2 itu kita ibaratkan menjadi sebuat class2 dan radio kita ibaratkan menjadi sebuah objek. kemudian sifat class adalah bagian dari class disebut dengan method. 
oke, saudaraku yang berbahagia. agar tidak bosan dalam mempelajari OOP. mungkin sedikit demi sedikit. sampai jumpa di tutorial selanjutnya tetang OOP. salam dunia berfikir !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar