Jumat, 27 Juli 2012

Operator

Seperti namanya, operator adalah sebuah perintah operasi. operasi apa saja dong tentunya. sebut saja kita akan membuat operasi penjumlahan, maka operator yang di perlukan adalah operator +. begitu juga dengan yang lain. kalau secara definisinya operator lebih diartikan sebagai penghubung antara dua barang yang akan dioperasikan untuk menghasilakan barang baru.
operator dalam bahasa C++ banyak sekali. yaitu :
  1. Operator penugasan (assigment operator)
  2. operator ini di pakai untuk penugasan suatu data. misal variabel X akan diisi nilai 10. maka penugasannya adalah X=10. operator ini hanya memiliki satu simbol saja. yaitu "=". kenapa ? ya karena namanya saja penugasan.
  3. Operator aritmatika (aritmatica operator)
  4. opetor ini yang biasa dipakai untuk pengerjaan aritmatika atau kalau ndak paham sama aritmaktika, ya matematika itu lho, bang. seperti + (untuk penjumlahan), - (untuk pengurangan), / (untuk pembagian), * (untuk perkalian), % (untuk modulus/sisa bagi bukan hasil bagi).
  5. Operator unary (-)
  6. ini operator yang hanya mempunyai satu operan saja (operan adalan sesuatu atau angka yang akan dioperasikan). misal -3, -4, -7, -110, dll. pokoknya hanya memiliki satu buah operan saja. dan tidak memiliki dua buah operan untuk di operasikan.
  7. Operator Rasional
  8. oprator ini digunakan untuk operasi perbandingan. seperti a samadengan b, atau b tidak samadengan c, atau d sama atau lebih besar dari c, atau a lebih kecil dari b, dan lain semacamnya operato-operator ini dapat diuraikan sebagai berikut :
    1. ==, digunakan untuk membandingkan duabuah operan. contohnya a==a yang artinya a samadengan a.
    2. !=, ! adalah tanda tidak sama dalam bahasa C++. jika ada pernyataan a != b maka artinya adalah a tidak sama dengan b.
    3. kemudian dengan panda yang lain dari operator ini ialah sama saja dengan tanda perbandingan biasa. yaitu tanda >, <, >=, <=.
    Nah, operator ini biasanya dipakai untuk operasi percabangan dan perulangan.
  9. Operator kenaikan dan turunan (increment dan decrement)
  10. operator ini biasanya digunakan untuk melakukan perulangan. kenapa ?? karena sifatnya yang terus menjumlahkan atau mengurangi. contoh :
    • for (int i=0;i<9;i++
    • stetement diatas menandakan bahwa nilai awal i adalah 0 dan diberi batasan 9 dan akan ditambahkan 1 (i++) sampai melewati angka 9.
    hal ini sama halnya dengan decrement. hanya saja decrement adalah penurunan.
  11. Operator Logika
  12. operator ini juga biasanya digunakan untuk operasi perbandingan. karena operator ini bersifat logikal. sebagai contoh : anda memilih buku warna coklat dan warna hijau. berarti andi memilih 2 buku sekaligus. berbeda dengan andi memilih buku warna coklat atau warna hijau. ini relatif lebih pada satu pilihan saja. kalau yang satu sudah dipilih, maka yang lain tidak boleh dipilih. apa lagi dengan negasi. jelas benar2 berbeda.
    • beberapa simbol untuk operator logika ini diantaranya :
      • and disimbolkan dengan &&
      • or disimbolkan dengan ||
      • not disimbolkan dengan !
  13. Operator I/O
  14. operator ini biasanya digunakan bersama dengan fungsi cout atau cin. lebih tepatnya betuk umumnya adalah cout << "selamat belajar bahasa C++" << endl; atau cin >> a << end;.
  15. Operator bitwise
  16. untuk operator yang terakhir ini saya tidak akan membahas disini. mungkin hanya akan saya masukkan di tambahan saja nantinya. karena operator ini tidak terlalu sering dipakai dalam pembuatan program berbasis data. operator ini lebih sering digunakan dalam program C. karena masih berkaitan dengan masalah hardware. kok bisa ?? yaiyalaaah kan ini operator biner. udahlah, kalau pengen yang lengkap mengenai operator ini, silahkan googling sendiri yaaa.. *peaceee.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar