Selasa, 08 Januari 2013

ORGANISASI : SIFAT DASAR ORGANISASI ( Halaman 8 )

  1. Rasa memiliki dan pengenalan diri. Afiliasi dengan organisasi informal adalah lebih daripada persahabatan, yaitu karena adanya rasa saling memiliki.
  2. Pengetahuan tentang prilaku yang di terima. Maanfaat yang tersedia dalam organisasi informal adalah membantu dalam menentukan prilaku yang di terima dan tidak di terima dalam suatu organisasi.
  3. Perhatian (Simpati). Sebagai perseorangan yang mendapatkan dan frustasi setiap hari di dalam pekerjaannya mereka mencari pengertian dan perhatian  dari orang lain.
  4. Bantuan dalam pencapaian tujuan. Seseorang sering dapat mencapai tujuannya melalui keanggotaannya dalam suatu kelompok, dimana hal ini tidak dapat di capai dengan mudah bila orang tersebut melakukannya sendiri.
  5. Kesempatan berpengaruh dan berkreasi. Menurut Chris Argyris dalam bukunya Personality and Organization dasar kekatan manajemen formal adalah dengan embuat para karyawan tergantung pada manajemen untuk penentuan balas jasa, posisinya, dan sebagainya.
  6. Pelestarian nilai – nilai budaya. Kegunaan lain dengan adanya organisasi informal adalah pelestarian nilai – nilai budaya kelompok. Suatu kelompok yang terjadi cenderung mengembangkan nilai – nilai budaya yang di inginkan para anggota kelompoknya.
  7. Komunikasi dan Informasi. Suatu kelompok kerja merupakan alat yang baik untuk mnyebarkan informasi pada anggota – anggotanya. Para anggota pada seluruh tingkatan organisasi (perusahaan) berkeinginan untuk mengetahui apa yang terjadi pada perusahaan dan bagaimana pengaruh kejadian – kejadian tersebut terhadap pribadi mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar